Monday, April 25, 2011

Perbandingan maskapai Garuda Indonesia dengan maskapai Air Asia

            Di jaman sekarang ini memakai pesawat untuk berpergian jauh sudah taka sing lagi di telinga. Sudah banyak perusahaab-perusahaan maskapai penerbangan yang berada di Indonesia. Persaingan diantara maskapai penerbangan menyebabkan setiap maskapai penerbangan harus meningkatkan kualitas layanan. Peningkatan kualitas layanan ini salah satunya adalah dengan memberlakukan sistem distribusi tiket yang meningkatkan kenyamanan calon penumpang. Demikian halnya dengan Maskapai penerbangan Garuda, Air Asia dan Lion Air menerapkan sistem online dalam distribusi tiketnya. 

  
                    ^  ....  GARUDA  .... ^


       Naik Garuda Indonesia adalah sebuah kemewahan tersendiri, di tengah merajalelanya penerbangan murah, naik Garuda itu ibarat naik Taxi Blue Bird di jakarta Yang paling membedakannya dengan maskapai domestik lain tentu saja adalah terminal 2F di Bandara Cengkareng karena banyak toko, cafe dan Executive Lounge nya. Perbedaan lainnya tentu saja adalah fasilitas snack dan minuman yang boleh milih ketika terbang, kalau terbangnya agak jauh kita akan dapat makan berat.
               
Tiket Garuda termasuk Prime Class. Karena harganya diatas rata-rata Tiket Pesawat Maskapai Indonesia pada umumnya. Hal dapat ini dimaklumi karena Garuda Indonesia Airways telah memperoleh penghargaan  ”World’s Most Improved Airline”, sebagai maskapai yang berkembang paling pesat di dunia dari Skytrax, sebuah lembaga independen pemeringkat maskapai penerbangan dunia yang berkedudukan di London.

           Tiket Garuda terdapat 2 class of service, yaitu executive class dan economic class. Untuk Tiket Garuda business class tempat duduk lebih lebar dan berada di depan (belakang kabin pilot pesawat). Sedangkan Tiket Garuda kelas economic yang harga dibawahnya dibelakang executive class. Kelebihan Pesawat Geruda yang lainnya yaitu disediakan meal/makanan dan pilihan minuman (panas/dingin) saat terbang dengan menu yang variatif dan enak tentunya.
       


                         ^  ....  AIR ASIA  .... ^



         Harga AirAsia selalu lebih rendah dibandingkan maskapai lainnya. Layanan jasa seperti ini sangat cocok bagi penumpang yang hanya ingin terbang tanpa embel embel makanan, tanpa layanan airport lounge, tanpa mengikuti program loyalty frequent flyer miles. Semua ini lebih baik di tukar dengan harga kursi yang 80% jauh lebih murah dibandingkan dengan mengikutsertakan layanan layanantersebut. Tidak memberikan makanan atau minuman. Namun AirAsia mempunyai ‘Snack Attack’, yang menyajikan berbagai macam pilihan lezat untuk makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau dan hanya untuk para tamu AirAsia. Tamu dapat membelinya di dalam pesawat.

Frekuensi terbang AirAsia yang tinggi bertujuan untuk kenyamanan para tamu. Maskapai ini mempraktekkan pola 25 menit untuk tinggal landas, dimana merupakan yang paling cepat di Asia, sehingga menghasilkan utilisasi pesawat yang tinggi, biaya makin rendah dan produktivitas staf/maskapai yang makin meningkat. AirAsia berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang nyaman untuk membuat perjalanan lebih mudah. 




** Dari segi sisi Targeting 
Garuda mungkin cendrung yang memakai golongan menengah keatas dan air asia adalah golongan menengah kebawah.   
** Dari segi positioning 
Dua perusahaan maskapai ini memang memberikan jasa transportasi yang ditawarkan agar lebih memudahkan masyarakat untuk sampai ke tujuan mereka dengan cepat dan selamat.Tapi untuk garuda fasilitas yang disediakan lebih banyak dan sedangkan air\asia fasiltas yang terbatas. Tapi semua itu balik lagi kepada konsumen karna selanjutnya terserah konsumen dan isi dalam dompet dan tabungan konsumen.

8 comments:

  1. memang perbandigan air asia dan garuda sangatlah contrast sekalii,

    ReplyDelete
  2. air asia memang sangat murah tiket pesawat nya dibandingkan garuda airlines,tetapi fasilitas yg terbaik dan kenyamanan dari garuda airlines tetap masih yg no.1 di indonesia

    ReplyDelete
  3. sangat terlihat jelas perbandingan antara garuda indonesia airlines dan airasia. sepertinya tdk ada maskapai penerbangan di indonesia yang dapat di compare dgn garuda indonesia. in my opinion,they're the best airlines in indonesia :)

    ReplyDelete
  4. sangat jelas dan menarik sekali blognya :)
    dan menurut saya, kemurahan Air Asia juga bisa menjadi kenikmatan untuk masyarakat kelas bawah yang ingin menggunakan maskapai dengan harga tiket yang murah..

    ReplyDelete
  5. engatakan...
    Didalam blog ini penelasan yang dijelaskan tentang perbandingan maskapai garuda dengan air asia lumayan jelas, walaupun di blog ini kurang menjelaskan secara deatil lagi dari setiap maskapainya

    ReplyDelete
  6. penjelasan tentang maskapai penerbangan nya sudah lumayan jelas cuma kurang info seperti harga tiket dan lainnya

    ReplyDelete
  7. lalu bagaimanakah hubungan nya dengan strategi pemasaran kedua maskapai tersebut?

    ReplyDelete
  8. Keunggulan AirAsia luar biasa, buktinya bisa :
    1. Bisa banyak bawa turis asing ke Kuala Lumpur (lihat Imigrasinya sibuk sekali setiap jam), 2. Bisa membawa penumpang kemana saja, karena rutenya (destinasinya)banyak, 3. Harganya murah meriah, 4. Promosinya luar biasa dengan ticket gratis 5. Beli ticket mudah sekali melalui online, 6. pesawatnya bagus, 7. selama saya naik airAsia tidak pernah delay. 8. kursinya bagus dari kulit, 9. Pramugarinya cantik dan banyak membantu 10. makannya murah dan enak, 11. kalau penerbangan jauh atau lebih dari 4 atau 5 jam ganti pesawat berbadan lebar, 12. Promosi mudah tidak perlu antri2 beli tiket akhirnya dibatasi kecuali AirAsia promo hanya cari di Online nyaman kok, 13. Saya hampir dibawah keliling AirAsia keliling Asia, dan masih banyak lagi keunggulan AirAsia, cobain Saja saya hampir setiap bulan naik AirAsia karena faktor-faktor yang sudah saya sebutkan. AirAsia Luar Biasa.....Kalau tidak ada Proteksi penerbangan dari suatu Negara mungkin AirAsia bisa menguasai dunia penerbangan International, Segmentasi Pasarnya adalah semua orang bisa terbang dan wisata kemana saja dengan AirAsia.

    ReplyDelete